Walau kadaluarsa, makanan-makanan ini tetap LAYAK KONSUMSI!!

Pria bernama Doug Rauch, pemilik toko grosir Trader Joe memberikan informasi yang mengejutkan. Dilansir oleh Yahoo.com, Doug mengatakan ada beberapa makanan yang masih aman di konsumsi meskipun sudah kadaluarsa. Bahkan Doug berencana akan membuat promo diskon besar-besaran di grosirnya untuk menjual makanan tersebut.



Pernyataan Doug tersebut mengundang kontroversi dari berbagai pihak. Tanggal kadaluarsa memberikan batas waktu bagi seseorang untuk mengonsumsi suatu makanan. Apabila hal tersebut dilanggar, maka resiko keracunan atau gangguan kesehatan lainnya bisa terjadi.

Ketika Dough Ranch sibuk berspekulasi tentang makanan kadaluarsa. Seorang ahli makanan dan dosen bidang teknologi pangan University of Minnesota, Ted Labuzza mengeluarkan pendapat yang tak kalah mengejutkan. Menurutnya, untuk dapat menentukan makanan tersebut layak untuk dimakan atau tidak adalah aromanya. Jika aromanya tidak berubah, maka makanan tersebut masih layak dan aman untuk dikonsumsi.

Bahkan menurut Ted Labuza, yang dikutip dari Yahoo Shine beberapa makanan ini masih tetap bisa dimakan walaupun sudah kadaluarsa.

Daging
Menurut Labuza daging yang disimpan di suhu 32-34 derajan Celcius mempunyai usia yang cukup lama untuk masih layak dimakan. Suhu tersebut memungkinkan Daging terhindar dari bakteri.

Susu
Susu yang melewati proses pasteurisasi seharusnya bisa tahan lama disimpan jika di simpan d suhu rendah. Susu juga masih layak dikonsumsi jika aromanya tidak berubah.

Makanan kalengan
Umumnya makanan kaleng mempunyai waktu kadaluarsa selama 3 tahun. Tetapi tahukah Anda, jika disimpan di suhu rendah, Makanan kalengan bisa bertahan selama 7 tahun dan masih layak unuk dimakan.

Makanan beku
Labuza mengaku tidak pernah melihat tanggal kadaluarsa suatu makanan. kebanyakan Ia menyimpan makanan di freezer. Agar tetap enak dimakan, Labuza menyarankan agar Anda mengemas makanan tersebut dalam wadah yang benar-benar tertutup agar bunga es tidak masuk ke dalamnya.

Snack kemasan
Snack kemasan kering umumnya masih bisa dimakan meskipun sudah lewat tanggal kadaluarsa. Tapi anda harus mencium aromanya terlebih dahulu. jika tidak ada aroma tengik, maka snack tersebut aman untuk dimakan.

Telur
Telur merupakan makanan yang paling istimewa, ia bisa di simpan dalam waktu yang lama dan untuk mengetahui telur tersebut sudah kadaluarsa/busuk atau tidak adalah dengan cara meletakkan di dalam mangkuk berisi air. Apabila telur tersebut terapung, maka telur tersebut busuk/kadaluarsa.

Pasta
Untuk memperpanjang usia pasta, maka anda tinggal menutup rapat dan menyimpannya dalam ruangan gelap. Pasta sangat sensitive terhadap cahaya.

Roti
Roti jika disimpan di dalam freezer (Dikemas dalam plastik kemudian dimasukan kedalam freezer) usia makannya akan lebih lama. Meskipun sudah melewati tanggal kadaluarsa, ia masih aman untuk dikonsumsi.