Hal-hal penting yang bisa diketahui lewat URINE!!

Dunia medis terus berkembang dan semakin menunjukan kelebihan dan misterinya. Setiap hari selalu ada penemuan terbaru yang bermanfaat bagi manusia. Hal paling sederhana adalah kita bisa mengetahui kondisi kesehatan seseorang hanya lewat air urine. Terdengar sederhana, tetapi urine bisa menunjukkan banyak hal tentang apa yang terjadi dengan tubuh Anda.



Direktur pusat Urology di Weinberg Center for Womens Health and Medicine, di Baltimore. Dokter R. Mark Ellerkmann, mengatakan bahwa ternyata urine dapat mengungkap kondisi kesehatan manusia dengan cara yang unik dan mudah. Bisa lewat aromanya, warna, frekuensi, dan kandungan zat di dalam urine.

Kehamilan

Hal ini pasti sudah tidak asing bagi Anda. Kehamilan dapat dideteksi dengan sebuah alat tes kecil atau tespack. Anda tinggal membaca simbol tertentu yang akan memberi petunjuk apakah Anda sedang hamil atau tidak.

sebenarnya Hormon hCG di dalam tubuh anda yang menunjukkan kehamilan. Jika anda melihat testpack dan hormon hCG anda tinggi, maka tespack akan menunjukkan dua garis/strip atau garis positif yang menyatakan Anda sedang hamil.

Terlalu banyak makan sesuatu

Beberapa jenis makanan yang mempunyai pigmen warna gelap biasanya akan berpengaruh besar terhadap warna urine. Misalkan saja makanan yang berwarna ungu. Maka kalau Anda sadari warna urine Anda juga akan ungu, dan semua itu karena pengaruh makanan Anda.

Menderita diabetes

Beberapa kondisi urine dapat menunjukkan Anda sedang mengidap penyakit tertentu. Jika Urine anda berwatna pekat, beraroma yang menyengat, dan seringkali keluar dengan warna yang sama maka kemungkinan besar Anda mengalami diabetes.

Infeksi saluran kencing

Atau apabila urine anda mengandung darah, berwarna kemerahan atau agak pink maka bisa saja Anda mengalami infeksi atau bahkan anda memiliki tumor pada saluran kencing. Jika hal ini terjadi kepada anda, maka anda harus segera mengeceknya ke dokter. Jangan dianggap remeh, tetapi jangan juga keburu takut akan vonis dokter. Tunggu Hasil lab yang akan membantu menentukan kondisi anda saat ini.

Stres

Amati aroma urine Anda, apakah aromanya terlalu sering berbau wine, kopi,cokelat, atau aroma makanan lainnya. Jika ternyata iya, maka sebenarnya Anda sedang mengalami stres. Pada titik stres, biasanya seseorang sering mengonsumsi suatu jenis makanan secara berlebihan.

Sedang dehidrasi

Dehidrasi tidak selalu ditunjukan dengan rasa lemas, bibir pecah-pecah tetapi juga bisa juga ditunjukkan dengan warna urine Anda yang pekat dan panas. Semakin pekat biasanya rasanya akan semakin panas, dan untuk itu maka Anda disarankan meminum air putih yang cukup, minimalnya 8 gelas sehari. Ingat, patokan Urine yang sehat warnanya kuning jernih atau bening dengan tingkat panas yang normal.

Zat-zat terlarang yang pernah dikonsumsi

Semisal zat-zat adiktif seperti narkoba. Nah, itu alasannya mengapa polisi sering melakukan cek urine terhadap terduga pemakai narkoba.. :D

Mulai sekarang, Silahkan amati warna urine Anda. Apabila memang mengindikasikan beberapa hal di atas, maka Anda tidak perlu panik, dan usahakan secepatnya menghubungi dokter untuk memastikan kondisi anda.